Dirjen SDA: ketersediaan air sebagian pulau cukup rawan

ketersediaan air dalam sebagian pulau di indonesia lumayan rawan untuk jangka waktu tertentu ke depan, oleh karenanya usah jadi memperhatikan berbagai pembuat kepentingan.

direktur jenderal sumber daya air (dirjen sda) kementerian pekerjaan umum, mohammad hasan menungkapkan keuntungan tersebut pada seminar peringatan hari air dunia xxi dalam 2013 tingkat sumatera barat (sumbar), dan dihadiri semua elemen warga, pakar juga ahli serta organisasi profesi, pada padang, kamis.

menurut dirjen, bagian wilayah yang sebaran ketersediaan airnya agak mengkhawatirkan dalam pulau jawa, bali juga nusa tenggara timur (ntt).

jika dilihat ketersediaan dengan global air cukup banyak dan mampu negara paling kaya, bila dihitung dengan persentasi penduduk indonesia rata-rata mencapai 6.600 kubik per kapita akan tetapi dalam pulau jawa cuma 1.200 kubik per kapita karena begitu banyak masyarakat.

Informasi Lainnya:

oleh karena tersebut, dilaksanakan kebijakan konservasi melalui membangun waduk-waduk dan embung agar menjaga sumber-sumber air, oleh karenanya mampu menahan air pada musim hujan serta dipergunakan selama musim kemarau.

pembangunan embung sejak dua tahun terakhir sudah digalakan, bahkan targetnya telah melebihi dari target dan ditentukan dalam rpjmn, katanya.

selain tersebut, pembangunan bendungan selalu jalan, namun persoalan dan dihadapi ada masalah sosialnya, seperti pemindahan warga jati gede sudah hampir beres, penanganan semestinya dalam oktober kemarin.

namun penduduknya, baru ada 4.500 kepala keluarga (kk) di genangan tersebut, berbagai telah dibebaskan ternyata mereka masih kembali situs ini juga telah miskin.