Inggris punya bukti penggunaan senjata kimia di Suriah

inggris memiliki bukti sempit namun persuasif mengenai penggunaan senjata kimia di suriah, tergolong gas sarin, tutur kementerian luar negeri inggris.

kami mempunyai info dan sempit tapi persuasif dari seluruh sumber dan menunjukkan penggunaan senjata bahan kimia selama suriah, tergolong gas sarin, tutur juru bicara kantor kementerian luar negeri, kamis, menyusul komentar serupa dengan pejabat amerika serikat.

ini sangat memprihatinkan. penggunaan senjata kimia merupakan kejahatan perang, katanya semisal dikutip afp.

kami telah diberitahu oleh sekutu, mitra dan pbb tentang info ini juga kami bekerja secara aktif supaya mendapatkan info lebih lanjut serta lebih baik, ujarnya.

Informasi Lainnya:

laporan awal bulan ini menyebutkan para ilmuwan militer inggris telah mengenal sampel tanah dan dibawa tinggal daripada daerah yang gampat ditempuh melalui damaskus dan menemukan hasil pengujian menunjukkan sampel tersebut positif ada kandungan senjata kimia, sekalipun pemerintah belum mengkonfirmasi hal tersebut.

pengumuman daripada inggris tersebut ditampilkan tak berlarut setelah gedung putih menungkapkan suriah kemungkinan mencari senjata kimia terhadap pasukan pemberontak di skala kecil, tapi menekankan apabila agen mata-mata amerika serikat masih belum 100 persen yakin.

washington telah berulang kali menyampaikan penggunaan senjata kimia oleh rejim presiden suriah bashar al-assad hendak dinilai dijadikan sebuah aksi dan melintasi garis merah dan memicu kemungkinan penampilan militer.

inggris mengatakan suriah mesti mengizinkan pengamat internasional.

bashar mesti bekerja sama melalui masyarakat internasional serta membuktikan kiranya rezimnya tidak sudah melakukan kejahatan dan mengerikan ini, dan memungkinkan akses tak sedikit untuk

pbb serta opcw (organisasi untuk pelarangan senjata kimia) untuk mengerjakan penyelidikan selama lapangan pada suriah, papar juru bicara kementerian luar negeri.