Sejarah demokrasi Indonesia pengaruhi politik ASEAN

proses perjalanan demokrasi selama indonesia sejak jatuhnya rezim presiden soeharto di 1998 hingga kini membawa pengaruh penting terhadap kebijakan politik luar negeri negara-negara asean, papar betul peneliti.

di asean, indonesia konsisten di mengiklankan demokrasi dan fondasi hak asasi manusia, setelah mereka bertransformasi, serta tersebut tak tidak susah karena banyak sekali rintangan, kata peneliti politik dan hubungan internasional university of south california donald e. weatherbee dalam pemaparan kemajuan politik luar negeri indonesia yang digelar lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) dalam jakarta, jumat.

profesor dan menulis buku pertamanya tentang sikap politik soekarno (1966) ini mengungkapkan jalan berliku indonesia selama memulihkan kepercayaan negara-negara sahabat setelah reformasi 1998.

perjuangan supaya menyelaraskan demokrasi, ujarnya, ditandai daripada apa negara ini mencoba mereformasi aspek-aspek penting yang mempunyai luka jika mengingat era pemerintahan sebelum 1998, seperti keamanan sipil serta hak asasi manusia (ham).

Informasi Lainnya:

pembentukan komisi nasional ham sesudah 1998 serta adalah bentuk pujian weatherbee, meskipun masih lebih banyak dulu konsentari rumah dan mesti langsung diselesaikan.

selain itu, proses penyusunan kebijakan umum dan asalnya hanya melibatkan pemerintah, kini menggandeng banyak ahli pada bidangnya seperti praktisi, ilmuwan juga lain-lain sudah membayarkan lagi nilai demokrasi juga menghargai azas faedah.

ini menjalankan kepercayaan, serta peluang berbagai negara untuk menjalin hubungan lebih gampat ditempuh, tidak hanya amerika namun juga eropa.... juga australia, katanya.

weatherbee menungkapkan usaha-usaha pengaplikasian demokrasi dalam indonesia menular ke seluruh kebijakan dan inisatif perhimpunan bangsa asia tenggara (asean). seperti lahirnya piagam asean 2007 yang membuat anggotanya harus mematuhi peraturan yang mengandung mutu demokrasi juga penghargaan kepada ham.

kemudian, lanjut weatherbee, indonesia dan berkontribusi penuh pada pembentukan deklarasi hak asasi manusia asean lalu. begitu juga di cita-cita pembentukan komunitas asean di 2015 dan memiliki pilar komunitas politik dan keamanan, sosial budaya serta ekonomi.

masuknya mutu demokrasi asean tak akan terjadi tanpa demokrasi dalam indonesia, katanya.

namun, implementasi demokrasi dan tidak tidak rumit karena sikap negara-negara asean yang baru resisten.

itu membuktikan banyak `lip service` dengan agama asean, katanya.

eksistensi indonesia dan terlihat selama kepedulian terhadap negara-negara di kawasan. pada konflik rohingya selama myanmar, indonesia berhasil menegaskan sikapnya dan menunjukkan kepedulian.

weatherbee menyampaikan sikap tersebut memperlihatkan salah Satu bukti sifat kepemimpinan indonesia yang tak ingin surut. saya melihat itu dijadikan posisi `natural leader`, katanya.